Oleh: dwihandyn | Oktober 3, 2007

Kaki Sering Kesemutan

Akhir2 ini aku merasa ada yg beda dg diriku. Aku sering kali merasakan ke-2 kaki ini gampang sekali kesemutan, geringgingen ya bahasa jawanya. Duduk sebentar aja, kaki udah terasa semut2. Jadi klo duduk, sebentar2 harus gerakin kaki ganti posisi. Begitu juga saat tidur, setiap kali Adek bangunin aku dari tidur, aku ga bisa langsung bangun, karena kakiku kesemutan. Jadi harus tunggu beberapa saat, baru bisa turun dari ranjang.

Klo pun bisa langsung turun dari tempat tidur, pasti baru bisa jalan selangkah aja, kedua kaki kayak ga ada tenaga. So, diam dulu sebentar baru jalan lagi. Dan lagi, aku sekarang mudah merasa capek, kaki ku juga gampang pegal. Ada apa ya, apa ada suatu penyakit yg mulai menemaniku? Ato bahkan, udah tinggal lama di tubuh ku, dan belakangan ini baru terasa oleh ku?

Ato mungkin ini semua disebabkan, karena aku kurang tidur ya…? Klo memang itu sebabnya kan gampang ya mengobatinya. Tinggal puas2 in aja tidurnya, bereskan? Tapi mana mungkin???????? Lho, kok jadi aku kait2 kan ma tidur sih? Achhhh….ga tau ach!!! Moga aja ga ada apa2. Sehat… Sehat… Sehat. Itu yg aku harapkan.  :D

Responses

  1. sering pake gula kali
    sampe semut2 pada naksir semua tu kaki :lol:

  2. Klo pun bisa langsung turun dari tempat tidur, pasti baru bisa jalan selangkah aja,

    tuh kan dibilangin jangan lansung turun kok masih ngeyel.. loncat2 gitu dulu kek baru guling2 :lol:

  3. mba dwi ga muleh ta? lebarane neng endi nko rek :)
    *pura2 tanya biar hetrik*

  4. Hohoho….
    Ga pake gula aja udah manizzz…. ;)

    Lha terus kapan turunnya?????
    Edan ra warasssssssss……
    *seret Almas ke tw* :lol:

    Pengene moleh, tp koyok’e lebih asyik lebarane neng blog ae…. :D
    *padahal ra iso moleh*

  5. Lha terus kapan turunnya?????
    Edan ra warasssssssss……

    lha itu.. loncat2 dari tempat tidur trus guling2 keluar kamar :lol:

    sakno rek.. *kirim ketupat ama lontong sayur* :lol:

  6. Wahhhh…. ini malah nyari penyakit namanya…!!!!!!!!!! :mrgreen:
    bisa2 kaki yg manis ini jadi patah semua nichhhh….
    *gulingnya kasihkan Almas biar dikelonin* :lol:

    Sampe disini dah ga bisa di makan, basi…..
    *klo kirimnya duit ga basi kok* :lol:

  7. gaya kaki manis wakakakkakakaka
    kaki meja kali :lol:
    *kaburrrrrrr*

    yeeee ini aja duit jualan baju dah dipajakin nenek tinggal modal doang wkakakakka
    ketupat ama lontong discan trus dikirim lewat email dijamin ga basi mba` :lol:

    *kok kayak chatting aja nih*
    wakkakakka

  8. Wakakakakaka………..
    lha wong kakinya meja emang terbuat dari kayu manisssssss…………. :lol:

    Ha~~~~~ bisikin nenek, “jangan ikut2an dulu nek… jatah nenek habis lebaran aja” ;)
    Cuma bisa ngiler2 liatin ketupat ma lontong…. :(

    *dasarnya emang kurang kerjaan* :lol:

  9. Waaa, itu bukan karena kurang tidur mbak :lol:
    Katanya karena kurang olah-raga.
    Jadi, ndak bisa puas-puasin tidur tapi puas-puasin olah-raga :mrgreen:
    Saya juga sering gringgingen, tapi males kalo olah raga.

  10. Kakinya dirubung semut ???

  11. kedinginan kali mbak,,

  12. #Sigid
    Ooo…. yg aku maksudkan apa karena aku kurang tidur itu ada pada kalimat ini lho Kak…. “Dan lagi, aku sekarang mudah merasa capek, kaki ku juga gampang pegal.” :)
    Yachhh…. mulai sekarang, puas2in olah raga…
    *lari2 ke blog nya Kak Sigid* :D

    #Mbelgedez
    Lha emang kaki aku manis kok… ;)
    hehehe….

    #’K,
    Hmmm…. tp musim dingin belum tiba kok… :P

  13. sodara2 jangan percaya kalo kaki mba dwi ini manis… kemaren aja dia celupin jempolnya ke teh kok ga manis :lol:

  14. Hust…!!!!! Jangan bilang2 donkkkk……
    *tutup mulut Almas pake cokelat*

    Wakakakakakaaaakkkk………
    Aku tau, klo kamu sebenernya lagi ngiri khan….?????????? :lol: :lol:

  15. :P
    sapa jga yg iri.. aku cuman ngomong doang kok
    masih cantikan jempolku lagi
    wakkakakkak :lol:

  16. Ya ngomong itu khan tanda2nya………. ;)
    *perut lapar*

    Hahahahahahaaaaa……….
    Tapi masih tetep manisan kaki aku…. :lol:

  17. kesemutan itu tandanya aliran darah kurang lancar alias darah mengental, krn kurang minum air.
    Gejala mudah capek dan kesemutan pertanda radang sendi mulai menyerang, atau asam urat, atau rematik (satu ras beda keyakinan tuh 3 penyakit). Kamu darah O ya?

  18. kalo minum air ga di perbanyak utk antisipasi, terakhir akan menyerang ginjal, gagal ginjal. Kalau tubuh kekurangan air maka akan diambil dari darah shg darah mengental, dan selaput ginjal akan bocor saat menyaring darah yg kental tsb. waspadalah.. waspadalah ..!! :D

  19. tanggung nih, hetrik ahh… :mrgreen:

  20. Kayaknya aku udah cukup minum air kok CY, aku minum air paling sedikit 2000ml per hari.
    Penyakit yg km sebutkan diatas, memang aku alami.
    Sejak bulan Juli 2006, aku mulai merasakan hal itu. Aku merasakan pinggang kiri ku sering terasa nyeri, lama2 merambat sampai paha kiri, dan krn aku dah merasa ga kuat, aku bilang ma bos aku, tepatnya tgl 25 Des 2006, aku periksa ke RS di temani Pak Lik nya Adek.
    Dari hasil Rongzen diketahui klo antara tulang paha dan pinggul terlalu dempet. Dan ada salah satu urat yg terjepit di persendian itu. Dan hasilnya ya rasa sakit yg aku alami selama ini. Kemudian dokter kasih aku obat untuk mengurangi rasa nyeri, dan menganjurkan agar aku melakukan beberapa terapi sendiri di rumah, seperti yg telah di contohkannya padaku.
    Rasa nyeri berangsur membaik, tp tepatnya tgl 5 Jan 2007 kambuh lagi, bahkan lebih parah. Buat gerak sedikit aja sakitnya minta ampun. Pagi hari kambuh, n siangnya aku periksa lagi ke RS. Dokter menganjurkan agar aku jangan angkat beban yg berat, dan aku harus memakai korset. Tapi mana mungkin, lha emang itu dah jadi kerjaanku tiap hari, tuk gendong’in Adek yg aku rawat.
    Waktu itu aku sempat berpikir, klo sampe 2-3 hari rasa nyeri itu ga juga membaik, aku mau minta pulang. Dg minum obat dari RS, terapi, n memakai korset sepanjang hari, nyeri itu lama2 membaik n syukurlah aku bisa bertahan smpe sekarang. Dan sampe sekarang, setiap harinya aku masih harus melakukan terapi n selalu pakai korset klo lagi angkat Adek.
    Iya, gol darah aku O.

    Walah…. kok malah jadinya curhat segini banyak… hehehe…. :D

    Makasih banyak lho CY atas semuanya. :D
    Ya, aku akan lebih waspada, n akan aku perbanyak lagi tuk minum air.

    Hetrikkkkkkkkk!!!!!!!!! :mrgreen:

  21. bicara minum, bukan banyaknya yg jadi point penting, tapi seringnya, dan dlm sehari manusia mesti minum 3 ltr air (kamu msh kurang). kalo sekali minum 1 ltr trus sehari cuman 3 kali juga berabe toh, yg pentingnya itu sering minum.

    Kamu periksanya di RS mana? TW ato Indonesia? Utk O sebaiknya jauhi kacang2an, roti dan mie, kopi, minuman bersoda (semacam cola), makanan terbuat dari terigu (bagi O ini yg plg enak tapi beracun hihihi…. )

    Perbanyak konsumsi daging merah, daging babi ga boleh (ga bakal gemuk, so jgn takut), udang, ikan, ayam (yg ini plg bagus buat O).

    Saya menduga kalo kamu kena arthritis atau asam urat juga tuh. Coba ikuti diet makan diatas (sbnrnya bukan diet krn bisa makan enak kok hehehe…) mudah2an sembuh.

    Halah… kok jadi konsultan gizi nih :mrgreen:

  22. Saya pernah ga bisa jalan 4 hari di Taipei krn kaki kiriku kumat radang sendinya, ditiup aja sakit apalagi gerak, denyut terus shg aku ga bisa tidur 48 jam. Saya cek di klinik kecil di belakang pabrik Hwa Sin Li Hwa (Taipei Shien, Shin Cuang road), katanya asam urat. Ditempel salep di matakaki ama sinshenya bsknya lsg sembuh (hebat tuh…).

    Sepulang ke Indo, aku ikut diet gol. darah yg kusebutkan, jauhi pantanganku (kopi … hiks..) skrg udah ga kumat lagi tuh (terimakasih Tuhan).

    *ga niat hetriks nih*

    • salep apa namax untuk kaki sering sakit kalo jaln…

  23. Wuakakakak….
    Aku ya ga bisa lah CY, klo sekali minum habis 1 ltr air. Paling sekali minum, aku cuman habisin 100-150ml. Kecuali klo pagi bangun tidur, aku bisa minum 250ml, n klo malam mulai pukul 11 aku dah ga berani minum banyak. Takutnya ntar semalaman jadi penghuni toilet hehehe…

    Aku periksanya di Tw, di “Cathay General Hospital” Sijhih, Taipei Shien.
    Lha… aku paling suka makanan yg terbuat dari terigu, kopi juga, tiap hari aku harus minum kopi, klo ga minum bisa pusing kepala aku. Sesudah periksa ke RS, aku pernah berhenti ga minum selama 1 bln, tp selama itu pula kepala aku terus2an sakit. Dan sakitnya ga menetap, sebelah kanan sembuh, ganti yg kiri sakit. Klo ga gitu di alis kiri n kanan bergantian, begitu terus selama 1 bln. Akhirnya aku kembali minum kopi tiap malam sebelum tidur, ga berani banyak2, sehari cukup minum 1 bungkus kopi 3 in 1 Maxwell House (14g).
    Kebanyakan orang kan klo malam minum kopi, pasti terus ga bisa tidur ya, tp aku malah sebaliknya. Aku ga bisa tidur klo belum minum kopi.
    Sebenernya, aku juga ingin sekali berhenti minum kopi, tp sampai sekarang masih belum kelar. Yach, aku harus berusaha n berusaha lagi
    demi kesehatan aku sendiri. :)
    Klo minuman bersoda, aku memang ga suka minum.

    Dan aku juga paling ga suka makan daging (apapun jenisnya), ikan (yg doyan makan cuma ikan teri), klo udang sih aku paling suka, hahaha…. aku jg ga suka makan nasi.
    Ga tau nich, aku ini manusia yg bodoh banget. Makanan yg enak2 malah ga doyan.

    Kayaknya sangat susah buat aku tuk mengikuti diet itu, yg hrs perbanyak makan daging-nya itu lho yg paling susah. Klo yg lain sih, pasti aku akan berusaha tuk melakukannya.

    Lha ya gitu donk CY, klo punya ilmu di bagi2…. Yg untung kan aku juga, hehehe…. (maunya dapet untung aja). Informasi kamu ini sangat berarti buat aku CY… Thanks yach…. :D

    :: Iya CY, aku juga merasa kayak gitu, tapi tetep aja aku paksain jalan, walaupun harus meringis-ringis n air mata terus mengalir karena nahan rasa sakit. Tp ya syukurlah, setelah 2 hari rasa sakit yg bener2 sakit itu berangsur membaik.

    Lha…. aku juga harus belajar dari kamu nich CY…

    Gpp kok klo mau hetriks, mau berapa kali pun boleh….
    Disini ga ada larangan hetriks.
    Lha komen kamu disni sangat menguntungkan buat aku :lol:

  24. haduhh… kopinya coba distop aja pelan2, ganti dgn teh jasmin (kan banyak tuh dijual). Kalo buat O kopi memang ga ngaruh, saya minum satu tong juga tetep ngorok kekekeke….., tapi kena dikit teh jasmin aja lsg ga tidur2 (kemarin pernah dikerjain temen) :D

  25. Iya CY…. aku akan berusaha, n semoga aku bisa.
    Teh jasmin aku juga ada, aku suka yg “jasmine green tea”, tp ga tiap hari minum. Ya pas klo lagi pengen aja, baru aku minum.
    Makasih atas sarannya yach…. :D

  26. saya juga sama keluhannya, tetapi ternyata permasalahannya yang ada sama saya yaitu ” karena saya pakai kaos kaki yang tertalu kencang, setelah saya ganti kaus kakinya, sekarang oke oke aja tuh, moga2 dapat membantu

  27. #Widiantoro
    Makasih – makasih Pak….
    Makasih juga atas kunjungannya….

    Salam kenal…. :D

  28. Mbk dwi, ak komen dikit masalahnya mbak dwi itu tidak bisa disamakan ama masalah mas CY, jadi terapinya beda.. Mbak dwi akibat terjepitnya saraf ischiadicus yaitu saraf yg besar yg memberikan inervasi k kaki.. Jadi nyerinya dari punggung sampai paha kadang k telapak kaki, saran untuk fisiotherapi k rehabmedik, byk pasien yg berhasil, coba aja mbak dwi

  29. # Awiep
    Salam kenal Pak/Ibu…

    Saya malah senang n sangat berterima kasih klo ada yg mau komen disini… :)
    Makasih banyak atas sarannya Pak/Bu…
    Selama ini (setelah saya periksa ke RS), saya hanya melakukan terapi sendiri di rumah, sesuai dg saran n petunjuk dokter waktu periksa dulu.
    Hasilnya ya lumayan, walau kadang masih terasa nyeri. Dan saya harus pake korset disaat2 tertentu, misalnya klo lagi angkat Adek (orang yg saya rawat) naik turun ranjang, nyapu/ngepel lantai, n saat lagi cuci baju. Semua saya lakukan, hanya untuk menjaga hal2 yg tidak saya inginkan.

    Tapi ga tahu kenapa, sejak 1 bulan yg lalu, nyeri itu sering terasa lagi. Apalagi saat pagi bangun tidur. Apa mungkin karena pengaruh musim dingin yach?

    Makasih atas komen n sarannya yach… :D

  30. semoga lekas sembuh ya wi itu nyeri2 nya

    dan juga saya ucapkan banyak terima kasih buat mas CY yang banyak ngasih info tentang kesehatan disini.

    saya seneng bacanya.

    ciaooo

  31. # Eko
    Makasih yach….
    Aku juga sangat berharap semoga lekas sembuh. :D

  32. q jg kok ,,,,,
    sEErin9 kEsemutAn,,,,
    q tH pA sebabnya????
    pA mun9kN bErkAitan denGAn y9 kMrN q bR DonOr yA???

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    Hehehe….
    Mungkin juga…. :)

  33. Yang bner makan angin yg bnyak!
    Truz minumin debu aja mending!
    Pasti bkL SMbuh,

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    Hehehe….
    Aneh!!! :P

  34. terima kasih ya atas infonya…

    buat mba Dwi, semoga lekas sembuh dan semoga memang tidak ada penyakit yang bersarang..

    aku mengalami hal yang serupa. gampang banged kesemutan. pindahin kaki terus. mungkin memang benar kurang minum air dan olahraga..

    sekarang jadi tau solusinya. takutnya malah kenapa-napa. aku pecinta kopi juga. berarti itu juga penyebabnya. jadi skarang jadi gak berfikir macam-macam. takutnya ini berbahaya.

    terimakasih terimakasih…

  35. Default Penyebab sering kesemutan, kram dan mati rasa
    Tubuh manusia terdiri dari jaringan saraf yang rumit. Masing-masing saraf mempunyai fungsi berbeda-beda.

    Saraf pengatur indera perasa adalah salah satunya. Saraf ini perlu dijaga sedemikian rupa, agar tetap menjalankan fungsinya. Sedikit gangguan saja, akan memunculkan masalah kesehatan yang lain.

    Sayangnya, gangguan saraf yang umumnya diderita oleh orang-orang berusia 35 tahun ke atas ini sering diremehkan. — Ah, nggak apa-apa kok, nanti juga sembuh sendiri. Itu kan gara-gara tertindih lama, jadinya saya kesemutan– begitu selalu anggapan kita. Keluhan seperti ini hampir pernah dirasakan setiap orang, seperti halnya kebas (mati rasa, kebal atau baal), dan kram otot. Itu sebabnya, ketiga gangguan ini sering disebut pula dengan –3K– (KEBAS, KESEMUTAN, DAN KRAM). Bahkan gangguan ini sering kali disertai dengan rasa nyeri.

    PENYEBAB

    Penyebab ketiga gangguan itu adalah terganggunya bagian saraf tepi. Misalnya, gangguan pada fungsi pengatur indera perasa, akibat saraf mengalami tekanan (misalnya duduk terlalu lama). Bisa juga karena saraf terjepit (karena pengapuran pada tulang belakang). Atau saraf robek/putus akibat kecelakaan.

    Sering pula terjadi rusaknya saraf tersebut karena gangguan pada pembuluh darah (misalnya pada penderita diabetes), konsumsi minuman beralkohol, merokok. Selain itu, kekurangan nutrisi, khususnya vitamin-vitamin neurotropik juga mengambil peran cukup penting yang tidak boleh diabaikan.

    Apalagi, 3K ini juga dapat menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius, seperti kolesterol tinggi dan kecing manis (diabetes mellitus). Jenis penyakit lain yang fungsi saraf adalah bell’s palsy, tortikolis, frozen shoulder, dan carpal tunnel syndrome.

    SOLUSI

    Bagaimana solusi Anda yang sering didatangi si 3K ? Jawabannya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neurotropik, konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.

    Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. Sedangkan vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. Sementara B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikan dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.
    __________________
    Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan.
    Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap di balas dengan buah.

  36. sama gue juga akhir-akhir ini sering kesemutan,baik duduk di atas maupun di bawah sama aja,gringgingan rasane,klo duduk kelamaan dikit krasa semutan,kalo darah 130/80 normal seumuran saya..

  37. Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan. Misalnya saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. Namun bila kesemutan :
    • Tidak hilang setelah bagian tubuh digerakkan.
    • Semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh tapi kemudian merambat
    • Semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi lebih sering.
    • Kesemutan menjadi rasa kebal.

    kemungkinan pertanda diabetes….
    kurangi gula dan perbanyak minum air putih

    http://brian-rgt.blogspot.com/2010/07/tentang-kesemutan.html

  38. beberapa hari belakangan ini setiap bangun tidur kaki kiri sy terasa seperti kesemutan,tp rasa kesemutan bukan seperti yg biasa.sy merasakan kaki sy seperti kesemutan dan seperti tertusuk dan tertarik di tengah telapak kaki.lalu hilangnya lama,bahkan kaki kanan sy terasa seperti kaki kiri sy,namun tidak separah kaki kiri sy,sakitnya jg sampai tumit dan pergelangan kaki.kira2kenapa ya?apa sy mulai terjangkit suatu penyakit?mohon bantuannya.kirim ke email sy.
    magda_xnte@yahoo.co.id
    terima kasih.

    • itu sepertinya plantar fasciitis

  39. Adnan_tny@yahoo.id.com

  40. Beda amaq.stiap hbis krja kaki aku terasa panas bnget.tlong dong,kalian tau gk pnyakit p.

  41. kesemutan akybat rusaknya saraf tepi’..kerusakan ini bisa menjadi pertanda kita mengalami sesuatu hal yang serius dengan kesehatan kita….bisa jadi karena kencing manis atau biasa kita kenal dengan istilh diabetes,atau akibat dariserangan virus yang mengakibatkan saraf te[i menjadi rusak….ada baiknya kalau kita memeriksakan diri kita ke dokter agar lebih menyakinkan …..

  42. Mas kok sama ya
    apa obatnya y

  43. selamat siang Pak/Bu…
    pengalaman sy, coba konsumsi kopi Arhas (Arhas Coffee) krn beda dg kopi lain, bisa membuat badan rileks & melancarkan darah.


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

